Harga Cabai Melonjak, Pemko Pekanbaru Janji Luncurkan Gerakan Pangan Murah 3 Kali Sepekan

PEKANBARU, AKTIVIS .co.id- Harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Pekanbaru kian meroket. Harga terpantau tinggi di sejumlah pasar tradisional mulai dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, ayam potong hingga telur ayam.

Kondisi ini tentunya menjadi keluhan masyarakat Kota Pekanbaru. Apalagi saat ini komoditi cabai merah harganya tembus hingga Rp 125 ribu per kilogram.

Baca juga :Pj Walikota Launching Mobil Layanan Cepat LPJU dan Bus TMP Gratis Bagi ASN

“Semua mahal ya, seperti cabai merah Bukittinggi. Sekarang kita beli Rp 125 ribu bahkan ada juga yang menjual sampai Rp 150 ribu per kilogram,” keluh Ratna, warga Kelurahan Wonorejo, Kota Pekanbaru, Kamis 14 Maret 2024.

Ibu rumah tangga ini berharap pemerintah setempat bisa memberikan solusi cepat terhadap naiknya sejumlah harga bahan pokok. Apalagi kebutuhan meningkat saat bulan puasa ini.”Semoga cepat dapat solusi lah ya, kita bulan puasa ini kebutuhan banyak kan. Belum lagi kalau jualan takjil,” katanya.

Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) berencana menggelar sekitar 150 kegiatan Gerakan Pangan Murah atau GPM sepanjang 2024. Hal ini guna menekan angka inflasi di Kota Pekanbaru.

“Tahun ini kita lakukan tiga kali dalam sepekan,” kata Kepala DPP Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Kamis 8 Februari 2024.

Sejumlah kebutuhan pokok bisa dibeli dengan harga miring dari pasaran. Komoditi pangan yang jadi buruan kaum ibu yakni beras, minyak goreng dan gula pasir.

“Jadi, dengan adanya pasar murah ini dapat membantu meringankan beban warga, bisa mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau,” ujarnya.

Menurutnya, GPM menjadi salah satu langkah strategis Pemko Pekanbaru dalam mengatasi fluktuasi harga pangan dan kenaikan angka inflasi di kota tersebut.Sejumlah kebutuhan pokok dijual dengan harga yang lebih murah, antara lain beras jenis Anak Daro 5 Kg seharga Rp 75.000, beras SPHP 5 Kg seharga Rp 53.000, minyak goreng 1 liter Rp 13.000, dan Gula Pasir 1 Kg seharga Rp 15.000.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *