Desa Sadar Jaya Sukses Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Kabupaten Dan Provinsi

Berita71 Dilihat

Bengkalis, Aktivis.co.id – Desa Sadar Jaya kembali membawa pulang tropi juara 1 Bengkalis Transparansi Award (BTA) 2023 untuk kategori Badan Publik Pemerintah Desa yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis. Sebelumnya, Desa Sadar Jaya tahun 2022 juga sebagai Pemenang dalam ajang Bengkalis Transparansi Award Tahun (BTA) 2022.

Penganugerahan diserahkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis di Hotel Bono Pekanbaru pada Jumat, 15 Desember 2023

Baca juga:Aceh Siap Menjadi Tuan Rumah Musyawarah Nasional Dewan Kesenian dan/atau Dewan Kebudayaan Tahun 2024

Sebelumnya, melalui proses penyerahan self assessment questionnaire (SAQ) kepada pemerintah desa, pengisian dan pengembalian SAQ dari Pemdes kepada Diskominfo Bengkalis selaku penyelenggara serta penilaian oleh tim yang langsung turun ke Desa Sadar Jaya.

Dalam rangka menjalankan amanah Undang-undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Pemerintah Desa Sadar Jaya terus berkomitmen memberikan informasi kepada masyarakat secara inovatif melalui media cetak seperti : baliho, poster dan media sosial seperti : Facebook, Instagram, YouTube, Tiktok, Website.

‘’Bahkan Pemdes Sadar Jaya memiliki Grup WA bersama masyarakat agar informasi langsung diterima oleh masyarakat. Jadi inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Sadar Jaya dalam memberikan informasi kepada masyarakat bukan sekedar saat mengikut kompetisi semata,’’ ucap Makali selaku Pj Kepala Desa.

Dengan didapatkannya prestasi ini kembali, tentunya kinerja pemerintah desa harus terus ditingkatkan dengan penguatan tata kelola pemerintahan desa yang baik dan transparan serta sistem informasi desa yang prima dan informasi-informasi kegiatan pembangunan, sosial masyarakat, dan penggunaan anggaran desa yang lebih informatif lagi kedepannya.

Selaku Pj Kepala Desa Sadar Jaya, Makali mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas capaian prestasi ini serta ungkapan rasa terima kasih kepada Bupati Bengkalis Ibu Kasmarni, Dinas Kominfotik Bengkalis, Camat Siak Kecil beserta jajaran dan kepada semua perangkat & staf desa, lembaga desa, serta warga masyarakat Desa Sadar Jaya atas dukungan penuh kepada Pemerintah Desa Sadar Jaya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

‘’Dan prestasi yang membanggakan ini saya persembahkan untuk masyarakat Desa Sadar Jaya tercinta, mudah-mudah kita semua dapat memperoleh keberkahan dari prestasi yang kita raih ini,’’ ucap Pj Kades.

Lebih lanjut, selain penghargaan di tingkat kabupaten, Pemdes Sadar jaya juga meraih penghargaan di tingkat provinsi yaitu dari Komisi Informasi Provinsi Riau dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik KI Riau Award Tahun 2023 yang digelar pada Kamis, 21 Desember 2023 bertempat di Gedung Daerah Balai Serindit Gubernuran Riau.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Komisioner Penyelesaian Sengketa Informasi Riau, Tatang Yudiansyah diterima oleh Pj Kepala Desa Sadar Jaya, Makali.

‘’Pemdes Sadar Jaya pertama kalinya di tahun ini mengikuti ajang ini dan Alhamdulillah langsung menoreh Prestasi di tingkat Provinsi. Pemdes Sadar Jaya juga telah mengikuti Monev Keterbukaan Informasi Publik di tingkat nasional di tahun 2023 ini,’’ tambahnya.

‘’Ini merupakan langkah awal untuk Pemdes Sadar Jaya agar dapat berkomitmen kedepannya untuk terus berinovasi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terutama informasi publik sehingga tidak hanya mengikuti kompetisi namun juga berdampak kepada kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah desa,’’ ungkapnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro, Gubernur Riau Edy Natar Nasution dan Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, Ketua Ki Riau Zufra Irwan dan Komisioner KI Riau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *