Hari Museum Internasional kenali Sejarah dan Temanya

JAKARTA, AKTIVIS.co.id- Hari Museum Internasional diperingati pada Kamis, 18 Mei 2023. International Museum Day (IMD) atau Hari Museum Internasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 18 Mei untuk memperkenalkan sekaligus mengajak publik untuk mengetahui peran penting museum sebagai suatu sarana pendidikan dan pertukaran budaya.

Museum juga bisa menjadi pilihan tepat untuk memperoleh ilmu-ilmu baru yang sudah kita pelajari di sekolah. Untuk memeriahkan peringatan Hari Museum Internasional kamu bisa melakukan kunjungan ke museum yang ada di daerahmu.

Tahukah kamu bagaimana sejarah di balik peringatan Hari Museum Internasional? Dan apa tema yang diusung peringatan Hari Museum Internasional tahun 2023 ini? Simak informasinya berikut ini:

Sejarah Hari Museum Internasional

Hari Museum Internasional pada awalnya belum ditetapkan secara resmi. Melansir situs resminya, International Council of Museums (ICOM) pertama-tama mengumpulkan berbagai komunitas museum internasional dalam pertemuan yang diadakan pada tahun 1951.

Pertemuan tersebut membahas tema mengenai “Museums and Education” atau “Museum dan Pendidikan”. Gagasan Hari Museum Internasional sendiri terinspirasi oleh kerangka aksesibilitas museum yang dikembangkan pada pertemuan ini.

Kemudian pada tahun 1977, Hari Museum Internasional secara resmi ditetapkan. Penetapan Hari Museum Internasional ini bertujuan agar dapat lebih menyatukan aspirasi kreatif dan upaya museum untuk menarik perhatian publik.

Selain itu, Hari Museum Internasional juga bertujuan menyampaikan pesan bahwa “Museum adalah sarana penting untuk pertukaran budaya, pengayaan budaya, dan pengembangan serta kerja sama dan perdamaian antar bangsa”.

Karena acara peringatannya semakin menarik dan berkembang, ICOM kemudian mengusulkan tema untuk pertama kalinya pada tahun 1992. Tema yang diusung pada Hari Museum Internasional pada tahun 1992 itu adalah “Museums and Environment” atau “Museum dan Lingkungan”.

Tema Hari Museum Internasional 2023 

Tema Hari Museum Internasional 2023

Setiap tahunnya, ICOM mengusung tema yang berbeda-beda untuk perayaan Hari Museum Internasional. Pada tahun 2023 ini tema yang diusung adalah “Museums, Sustainability and Well-being” yang artinya “Museum, Keberlanjutan dan Kesejahteraan”.

Dilansir dari situs resmi ICOM, pada tahun ini, Hari Museum Internasional akan berfokus pada 3 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang diusung oleh United Nation atau PBB. Ketiga poin tujuan itu terdiri dari:

1. Poin Tujuan 3 (Kehidupan Sehat dan Sejahtera)

Menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan untuk semua orang di segala usia, khususnya terkait kesehatan mental dan isolasi sosial.

2. Poin Tujuan 13 (Penangan Perubahan Iklim)

Mengambil tindakan segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya, menerapkan praktik rendah karbon di Global Utara dan strategi mitigasi di Global Selatan.

3. Poin Tujuan 15 (Kehidupan di Daratan)

Melindungi, memulihkan, dan mempromosikan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem darat, memperkuat suara para pemimpin adat dan meningkatkan kesadaran akan hilangnya keanekaragaman hayati.

Pada tanggal 18 Mei, ICOM mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk berkumpul dan menyadari potensi transformatif penuh yang dimiliki oleh museum untuk pembangunan dan kesejahteraan yang berkelanjutan.

Sumber: detiknews

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *