KAI Lampaui Target Sertifikasi Pegawai 2024: Profesionalisme di Sektor Perkeretaapian Ditingkatkan

Berita107 Dilihat

Jakarta, (Aktivis.co.id) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatatkan pencapaian luar biasa pada 2024 dengan menyertifikasi 6.611 pegawai, jauh melampaui target awal sebanyak 3.320 pegawai. Angka ini mencapai 199 persen dari target, menunjukkan komitmen KAI untuk meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia di sektor perkeretaapian.

Fokus pada Profesi Strategis

Program sertifikasi ini diwajibkan bagi sejumlah profesi strategis seperti:

  • Masinis
  • Asisten Masinis
  • Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA)

Pegawai yang belum memiliki sertifikasi tidak diizinkan menjalankan tugas di bidang tersebut, memastikan bahwa hanya personel yang kompeten dan terlatih yang bertanggung jawab atas operasional kereta api.

Pengakuan Resmi dari DJKA

Sertifikasi yang diberikan diakui melalui tanda pengenal atau smart card yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA). Smart card ini menjadi bukti kompetensi pegawai dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Anne Purba, Vice President of Public Relations KAI, menjelaskan tujuan program ini.

“Langkah ini tidak hanya untuk memenuhi regulasi tetapi juga memastikan operasional perkeretaapian yang lebih aman dan andal. Untuk tahun 2025, KAI menargetkan sertifikasi bagi 5.286 pegawai di bidang operasional, sarana, dan prasarana,” katanya, Minggu (19/1/2025).

baca juga KAI Luncurkan Fitur Carbon Footprint, Solusi Transportasi Ramah Lingkungan

Rekam Jejak Sertifikasi Selama Enam Tahun

KAI telah menjalankan program sertifikasi pegawai selama enam tahun terakhir dengan total 29.775 pegawai yang telah tersertifikasi. Hal ini mencerminkan komitmen jangka panjang perusahaan untuk membangun SDM unggul di sektor transportasi nasional.

Langkah Meningkatkan Kepercayaan Publik

Dengan langkah proaktif ini, KAI tidak hanya meningkatkan kompetensi internal tetapi juga membangun kepercayaan publik terhadap layanan kereta api. Sertifikasi pegawai menjadi salah satu cara KAI memastikan bahwa operasional kereta api terus berjalan dengan standar keselamatan dan kualitas tinggi.

“Ke depan, kami optimis bahwa langkah ini akan menciptakan operasional perkeretaapian yang lebih efisien, aman, dan dapat diandalkan,” tutup Anne Purba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *