Mahasiswa Kukerta Pulau Padang Universitas Riau Menggelar Sosialisasi Kesetaraan Gender di Lingkup Pendidikan SDN 003 Pulau Padang

kuansing, aktivis.co.id – Mahasiswa Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) dari Universitas Riau, Pulau Padang telah melaksanakan sosialisasi mengenai kesetaraan gender di lingkup pendidikan Sekolah Dasar Negeri 003 Pulau Padang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman sejak dini mengenai kesetaraan gender dalam lingkup pendidikan SDN 003 Pulau Padang serta implementasi bentuk kesetaraan gender yang baik dalam lingkup pendidikan, yang dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 16/08/2023.

Dalam acara yang berlangsung pada tanggal 09 Agustus 2023 tersebut, peserta sosialisasi terdiri dari siswa-siswi SDN 003 Pulau Padang. Pemateri dalam acara ini berasal dari anggota Kukerta UNRI Pulau Padang, Roni Matthew Nahampun. Iamemberikan wawasan tentang pengertian kesetaraan gender dalam lingkup pendidikan yang dapat dipahami dengan mudah oleh siswa-siswi SDN 003 Pulau Padang.

Pemateri dari Anggota Kukerta tersebut, memberikan penjelasan mengenai bentuk dan contoh perilaku dalam kesetaraan gender serta implementasinya terhadap masyarakat dan individu agar peserta didik dapat memahami secara mendalam tentang pentingnya kesetaraan gender. Ia juga memberikan penjelasan tentang sejarah kesetaraan gender serta tokoh kesetaraan gender agar siswasiswi lebih memahami kesetaraan gender.

Sementara itu, salah satu anggota kukerta lainnya, memberikan beberapa quiz di akhir penyampaian materi,mengenai seputar penjelasan dari pemateri sebelumnya,kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa-siswi SDN 003 Pulau Padang mengenai kesetaraan gender.

Ketua Kelompok Kukerta Elfikrah Rizyan Anugrahmenyampaikan harapan dalam sambutannya. “Harapannya dengan diadakannya kegiatan sosialiasi kesetaraan gender ini meningkatnya kesadaran siswa-siswi SDN 003 Desa Pulau Padang terkait pentingnya kesetaran gender sejak dini”.

Kegiatan sosialisasi kesetaraan gender ini mendapat sambutan antusias dan feedback yang baik dari berbagai pihak.Sehingga, anggota Kukerta UNRI 2023 membuat Platform pengaduan berupa G-Form, WA, serta posko aduan yang bertempat di posko kukerta.

Platform tersebut merupakan wadah dukungan untuk perempuan di Desa Pulau Padang guna menyelesaikan berbagai permasalahan terkait perempuan, baik kasuspelecehan/kekerasan,  bullying, atau sekedar membutuhkanteman curhat.

Harapannya, dengan adanya program kesetaraan gender ini diharapkan dapat memberikan support mental dan menimbulkan perasaan saling memahami permasalahan yang sedang dihadapi siswa-siswi SDN 003 Pulau Padang.

Risman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *