Wamendag di Dampingi Pj Wali Kota Muflihun Turun ke Pasar Lima Puluh, Pantau Harga Bahan Pokok

Pekanbaru, Pemerintah400 Dilihat

Pekanbaru, Aktivis.co.id – Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun mendampingi Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga meninjau harga bahan pokok di Pasar Limapuluh, Sabtu (11/2). Meski harga bahan pokok stabil, Wamendag Jerry menerima keluhan pedagang terkait suplai Minyak kita.

“Saya bersama-sama Pj Wali kota dan jajarannya meninjau dan berbelanja di Pasar Limapuluh. Di tempat sebelumnya, Pasar Cik Puan, saya juga meninjau guna memastikan harga dan ketersediaan bahan pokok terkendali,” kata Wamendag Jerry.

Wamendag

Ia mengecek harga bahan pokok mulai dari bawang putih, bawang merah, tomat, cabai, beras, dan telur. Harga bahan pokok relatif stabil, bahkan turun.

Harga daging juga turun dari Rp150.000 menjadi Rp140.000 per Kg. Harga Minyakita masih Rp14.000 per liter, sesuai harga eceran tertinggi (HET).

“Tapi ada keluhan dari pedagang bahwa barangnya (Minyakita) agak sedikit kurang. Kami harus pastikan ketersediaan Minyakita lancar,” ucap Jerry.

Rantai pasok dari distributor haris bagus. Makanya, ia berkomunikasi dengan Pj Wali kota dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan anggota DPRD agar memetakan suplai Minyakita ini tidak di hilir saja.

Tetapi, suplai Minyakita juga dipantau di hulunya, mulai dari distributor, pengecer, hingga pedagang. Karena, HET ini harga yang berlaku sampai di pedagang.

wamendag

HET Minyakita Rp14.000 per liter. Sedangkan HET minyak goreng curah Rp15.500 per liter.

Kalau minyak goreng kemasan premium itu lain. Harganya sesuai pasar yang dituju.

“Terima kasih kepasa Pj wali kota yang rajin turun ke pasar melihat, memetakan masalah, dan merespon,” ujar Jerry.

baca juga: Optimalisasi Capaian Pajak di 2023, Bapenda Lakukan Upaya ini

Kesempatan berbeda, Pj Wali Kota Muflihun mengatakan, ada beberapa agenda dari Wamendag Jerry Sambuaga di Pekanbaru. Meski begitu, Wamendag Jerry menyempatkan diri mengunjungi beberapa pasar.

“Beliau ingin mengetahui harga bahan pokok di pasar. Hanya ada satu keluhan terkait ketersediaan Minyakita. Saran beliau, kami harus melihat kendalanya karena pasokan Minyakita agar tersendat-sendat,” ujarnya.

Pemko Pekanbaru sedang mencari regulasi yang bagus dengan menciptakan wadah guna menampung bahan pokok melalui distributor-distributor ke PT Saran Pangan Madani (SPM). Saat ini, harga bahan pokok masih berbeda-beda di tiap pasar.

“Melalui PT SPM ini, harga bahan pokok bisa kami kontrol di tiap pasar,” jelas Muflihun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *