2 Minuman Khas Manado,Cap Tikus dan Saguer Primadona Hingga ke Luar Negeri.

Opini30 Dilihat

2 Minuman Khas Manado,Cap Tikus dan Saguer Primadona Hingga ke Luar Negeri.

Aktivis.co.id-(Opini)Minuman khas Manado Cap Tikus,dengan kadar Alkohol yang tinggi membuat setiap yang mengkonsumsinya akan mengalami mabuk jika mengkonsumsi dengan jumlah yang banyak.Biasanya untuk satu botol ukuran 1 liter setiap yang mengkonsumsinya akan merasakan pusing alias mabuk.

Cap tikus merupakan salah satu yang paling diburu di Indonesia. Secara spesifik, minuman khas Manado memang sangat sedikit dibanding dengan sejumlah daerah lain.

Ada dua minuman khas Manado yang memang dari proses pengolahan hingga produksi dilakukan secara turun temurun oleh nenek moyang orang Sulawesi Utara.

Salah satu minuman khas Manado memang merupakan primadona pada sejumlah kalangan di Indonesia. Berbeda dengan minuman khas daerah lain di Indonesia, minuman khas Manado rata-rata diolah secara tradisional.

Minuman khas Manado yang  Cap Tikus, meski mengandung alkohol yang tinggi namun menjadi primadona di setiap acara yang di laksanakan oleh warga Manado,hal ini sudah menjadi seperti budaya bagi peminatnya.

Cap Tikus rasanya pahit dan bisa memabukkan jika dikonsumsi dalam jumlah besar.biasanya jadi buruan sejumlah kalangan dari Indonesia. Bahkan, nilai jual Cap Tikus ke luar daerah sangat mahal dan menyentuhnya Rp150.000 per botolnya.

Di tahun 2018 silam, Cap Tikus diproduksi secara legal dengan mendapatkan izin dari badan terkait.

Di Sulawesi Utara, produksi Cap Tikus tersebar disejumlah kabupaten/kota dan Kabupaten Minahasa Selatan merupakan daerah di Sulawesi Utara dengan produksi terbesar di banding daerah lain. Cap Tikus bahkan dijual hingga ke luar negeri.

Kemudian minuman kedua  yang populer yakni Saguer.Minuman Bernama Saguer, merupakan sebutan masyarakat lokal yang sumber utama pembuatannya lewat hasil fermentasi dari air nira Pohon Aren. Saguer merupakan minuman yang cikal bakal terciptanya Cap Tikus.

Dibeberapa daerah di Sulawesi Utara, Saguer jadi minuman sehari-hari karena tingkat produksi yang tinggi.

Saguer biasanya tersedia dengan dua rasa, manis dan asam. Saguer dijual bebas dan hanya terdapat dibeberapa tempat saja di luar Kota Manado.

(Teguh S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *