Hari Keluarga Internasional 15 Mei 2023: Sejarah hingga Cara Merayakan

AKTIVIS.co.id- Hari Keluarga Internasional atau International Day of Families diperingati setiap 15 Mei. Tahun ini, Hari Keluarga Internasional kembali diperingati pada Senin (15/5/2023).

Dirangkum dari berbagai sumber, peringatan Hari Keluarga Internasional bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya membangun hubungan harmonis dalam sebuah keluarga. Hubungan keluarga yang dibina dengan baik, akan berdampak baik juga bagi seluruh anggota keluarga.

Hubungan harmonis itu dapat berupa banyak hal yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan dalam keluarga. Baik dari sisi kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, hak anak, dan inklusi sosial.

Simak serba-serbi peringatan Hari Keluarga Internasional berikut ini.

Sejarah Penetapan Hari Keluarga Internasional

Mengutip laman resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Hari Keluarga Internasional mulai diinisiasi sekitar 1980-an. Kala itu, PBB mulai fokus terjadap isu-isu keluarga.

Dewan Ekonomi dan Sosial PBB, Komisi Pembangunan Sosial, kemudian meminta Sekjen PBB untuk meningkatkan kesadaran publik terkait masalah keluarga. Selain itu, cara-cara dalam memenuhi kebutuhan keluarga juga turut menjadi sorotan.

Berdasarkan rekomendasi Komisi Pembangunan Sosial yang dirumuskan dalam sidang putaran ke-30, Majelis Umum PBB mengundang seluruh negara anggota untuk menyampaikan pandangan mereka mengenai kemungkinan penetapan Tahun Keluarga Internasional. Dalam resolusi tertanggal 9 Desember 1989, Majelis Umum PBB kemudian memproklamirkan Tahun Keluarga Internasional.

Memasuki tahun 1993, Majelis Umum memutuskan bahwa tanggal 15 Mei setiap tahunnya dirayakan sebagai Hari Keluarga Internasional. Peringatan ini memberikan kesempatan untuk mempromosikan kesadaran akan isu-isu yang berkaitan dengan keluarga.

Peringatan tersebut juga untuk meningkatkan pengetahuan tentang proses sosial, ekonomi dan demografi yang mempengaruhi keluarga. PBB juga menyebutkan bahwa dukungan keluarga dan kebijakan serta program yang memiliki orientasi terhadap keluarga sangat penting untuk mencapai 17 tujuan berkelanjutan atau Sustainable Development Goal’s (SDG’S).

Cara Merayakan Hari Keluarga Internasional

Mengutip dari laman National Today, peringatan Hari Keluarga Internasional dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya dengan menyusun silsilah keluarga.

Beberapa kasus kerap ditemukan anggota keluarga yang tidak kenal satu sama lain karena perbedaan generasi. Dengan menyusun silsilah keluarga mulai dari kakek, nenek, om, tante, bibi, dan seterusnya, kita dapat menghindari hal tersebut.

Cara berikutnya untuk merayakan Hari Keluarga Internasional adalah dengan melakukan piknik bersama keluarga. Piknik merupakan salah satu kegiatan bonding yang bisa dilakukan bersama dengan keluarga. Pilihlah lokasi piknik yang tenang dan nyaman sehingga anggota keluarga nyaman dan kompak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *