Bahas Soal Kabel Jaringan, DPRD Pekanbaru Kembali Gelar Hearing

Pekanbaru, Aktivis.co.id – Meski sudah beberapa kali menggelar rapat kerja (hearing), dengan pihak terkait, membahas soal kabel jaringan yang semrawut di Kota Pekanbaru, namun hingga kini belum ada perubahan apapun.

Karenanya, Komisi I DPRD Pekanbaru kembali menggelar hearing, dengan 10 operator jaringan internet, Satpol PP, serta OPD terkait lainnya, Senin (3/7/2023) di ruang Banmus DPRD Pekanbaru.

Rapat dipimpin langsung Wakil Ketua Komisi I DPRD Pekanbaru Krismat Hutagalung, di dampingi Sekretaris Isa Lahamid ST MH, serta anggota Komisi I lainnya.

Dari hasil hearing tersebut disimpulkan, bahwa Komisi I meminta semua kabel jaringan yang semraut dan melintang pukang di lapangan, bisa dirapikan mulai Bulan Juli 2023 ini.

“Ya, tadi ada 10 perusahaan kabel jaringan yang hadir. Intinya, kita inginkan kabel yang semraut itu dibereskan. Apalagi sudah menjadi keluhan besar masyarakat,” tegas Sekretaris Komisi I DPRD Pekanbaru Isa Lahamid ST MH, usai hearing.

Diakui Politisi PKS ini, dari sekian banyaknya perusahaan kabel jaringan, hanya beberapa saja yang mengantongi izin resmi.

Bahkan ironisnya lagi, ada tiang milik Telkom yang memang tidak memiliki izin.

Kondisi ini tentunya sangat miris, karena selaku BUMN, harus memberikan contoh yang baik.

“Dalam Bulan Juli ini juga, kita akan turun ke lapangan, melihat kondisi ril kabel berserakan di lapangan. Tentunya ada resiko, jika kita menemukan ada tiang atau kabel yang tak berizin, kita minta dibongkar,” janjinya.

Isa Lahamid juga menghimbau kepada semua perusahaan kabel jaringan, mulai dari internet, TV kabel dan sejenisnya, agar merapikan semua kabel yang semraut.

“Yang paling penting lagi, urus izin resminya bagi yang belum memiliki izin. Kota Pekanbaru ini ada tuannya, yang mengharuskan semua pelaku usaha wajib mengantongi izin usahanya. Karena biar mudah diawasi dan daerah kita dapat PAD,” katanya.

Komisi I DPRD Pekanbaru sendiri sudah tiga kali menggelar hearing, membahas soal kabel jaringan ini.

Bahkan OPD terkait, dan perusahaan jaringan ini sudah diundang dan dibahas bersama.

Mulai dari Diskominfo, DPM-PTSP, Satpol PP, PUPR dan OPD terkait lainnya sudah dipanggil.

Harapannya, di Kota Pekanbaru ini tak ada lagi kabel jaringan berserakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *