Hari Lupus Sedunia 2023: Tema, Twibbon, dan Sejarah Peringatan

JAKARTA, AKTIVIS.co.id – Hari Lupus Sedunia 2023 diperingati pada tanggal 10 Mei. Peringatan Hari Lupus Sedunia atau World Lupus Day bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyakit lupus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.

Lalu, apa tema Hari Lupus Sedunia 2023? Bagaimana sejarah peringatan tahunan tersebut? Simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu Penyakit Lupus?

Dilansir situs World Lupus Day, Lupus adalah penyakit mematikan yang berpotensi merenggut nyawa seseorang. Lupus menyerang sistem kekebalan tubuh manusia di mana penderitanya mengalami peradangan dan infeksi pada sistem jaringan tubuh. Lupus membuat sel-sel sehat dalam tubuh manusia menjadi rusak.

Tema Hari Lupus Sedunia 2023

Tema Hari Lupus Sedunia adalah “Make Lupus Visible” yang artinya “Membuat Lupus Terlihat”. Tema peringatan tahun ini diharapkan membuat penyakit lupus mendapat perhatian lebih banyak dari seluruh dunia terkait bahayanya penyakit tersebut.

Twibbon Hari Lupus Sedunia 2023

Twibbon Hari Lupus Sedunia juga bisa dipakai untuk mendukung peringatannya pada tanggal 10 Mei. Dilansir situs Twibbonize, berikut 10twibbon Hari Lupus Sedunia 2023.

Link 1 twibbon Hari Lupus Sedunia 2023

Link 2 twibbon Hari Lupus Sedunia 2023

Link 3 twibbon Hari Lupus Sedunia 2023

Link 4 twibbon Hari Lupus Sedunia 2023

Link 5 twibbon Hari Lupus Sedunia 2023

Link 6 twibbon Hari Lupus Sedunia 2023

Link 7 twibbon Hari Lupus Sedunia 2023

Link 8 twibbon Hari Lupus Sedunia 2023

Link 9 twibbon Hari Lupus Sedunia 2023

Link 10 twibbon Hari Lupus Sedunia 2023.

Sejarah Hari Lupus Sedunia

Dikutip dari situs National Today, Hari Lupus Sedunia dikenal pertama kali di Kanada pada tahun 2004. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran tentang kelainan yang tidak banyak diketahui masyarakat dan dapat berdampak tragis pada individu yang menderita serta keluarga mereka.

Selain itu, tujuan lain Hari Lupus Sedunia adalah untuk menarik perhatian masyarakat dunia tentang dampak penyakit lupus. Peringatan tahunan ini menekankan perlunya peningkatan layanan perawatan kesehatan, peningkatan penelitian di area tersebut dan pengobatan lupus, perawatan dini dan pengelolaan Lupus, serta data epidemiologis global yang lebih baik tentang Lupus.

Sebanyak 13 negara turut berpartisipasi dalam peringatan Hari Lupus Sedunia dengan menyuarakan kepada pemerintah untuk meningkatkan dana penelitian, meningkatkan layanan pasien, mengumpulkan lebih banyak angka kejadian, dan meningkatkan kesadaran penyakit Lupus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *